#3 – The Best Innovation in My Life

Creativity and Innovation

Kembali lagi bersama Marla Meta Purwhita 😀 Malam hari ini saya baru saja kembali dari kencan saya bersama pacar untuk merayakan hari jadi kami yang ke 20 bulan. Perayaannya biasa saja, kami makan malam dan nonton bioskop. Sama seperti Ibu Bapak kita zaman mereka pacaran dulu. Tapi saya senang sekali lho soalnya this is the longest relationship I have, almost 2 years with the same guy. Kyaaaaa jadi malu ❤

Ok. Lagi kasmaran gini kayanya asik nih ngomongin tentang (sesuai judul) “The Best Innovation in My Life”. Malam ini saya lagi inget keluarga saya, Abah, Indung, dan kedua adik saya. And yes, I call my father “Abah” and my mother “Indung”. Uniquely fun stuff, huh? 😀 Jadi, malam ini lagi inget keluarga saya and every stories and dramas in it. It inspires me to decide what the best innovation in my life is, and the answer would be:

FINANCIAL PLANNING

Financial Planning for a secure future financial life!

Mengapa Financial Planning? Well, sebenernya saya sangat kagum dengan adanya financial market seperti saham, reksadana, etc. I mean, kok orang pinter-pinter amat sampai mikirin mau bikin financial market? Dan dengan adanya financial market seperti ini membuat saya tidak khawatir dengan ada tidaknya uang, karena uang bisa dicari, in any ways. Selain itu, Abah saya adalah seorang entrepreneur sejati. Semenjak keluar dari PT Bukit Asam, dia jatuh bangun memdirikan perusahaan sendiri. Keluarga saya pun pernah merasakan susahnya memiliki pemimpin keluarga yang risk-taker dan sempat merasakan susahnya hidup tanpa pendapatan yang berkecukupan. Jadi, menurut saya, for people with business and entrepreneur bakcground, yes, financial planning is the best innovation ever.

Financial Planning yang kita ketahui sekarang adalah perkembangan dari Society for Financial Counselling Ethics yang dibentuk oleh Loren Dunton pada tahun 1969. Financial Planning is the process of managing your money to achieve personal economic satisfaction, and the ability to use knowledge and skills to manage one’s financial resources effectively for lifetime financial security. Financial Planning melingkupi beberapa main economic issue such cash flow management, education planning, retirement planning, investment planning, risk management and insurance planning, tax planning, estate planning and business succession planning.

Major Areas of Financial Planning

Yah simplenya adalah tidak memikirkan keuangan hari ini saja tetapi juga keuangan masa depan dengan melakukan investasi-investasi. Saya sendiri setelah mendapatkan pelajaran Financial Planning di semester kemarin, akhirnya mencoba melakukan investasi pada reksadana.

Di Indonesia belum terlalu banyak Financial Planner padahal menurut saya, people with asset more than IDR 500 million should hire one. No, i suggest everyone with income should really hire a financial planner. You know I have been in a stage in my life where highly uncertainty about my family’s income was haunted us. Satu-satunya perusahaan Financial Consultant yang saya ketahui adalah milik Bapak Aidil Akbar, yaitu AFC, Akbar’s Financial Check-up.

AFC

Beliau terhitung muda untuk pendapatan yang sangat besar dari menjadi seorang financial planner. A wage for a junior financial planner is around USD 1000-1300 per case. Yummy, huh?

Money money money! Always funny in a rich man's world!

I believe Financial Planning has helped million of people. I guess rich people in USA who survived the recent financial crisis is someone who has successfully managed his/her asset wisely, applying financial planning lessons. Knowing about Financial Planning, saya belajar menabung, which is sebenernya rada telat baru nyadar pentingnya menabung sekarang, tapi as long as I haven’t had any responsibility as someone’s wife or someone’s mommy, it is never too late.

So, have a healthy financial life will you? For the betterment of your future, your kids future, and your family’s future!

Lotsa love 🙂

2 thoughts on “#3 – The Best Innovation in My Life

Leave a Reply

