#9 – Menulis di Internet

Creativity and Innovation

Hi there 🙂

Time : 11.37pm – Now playing: Taste of Harmony by Homogenic – Place : my room

TENTANG TULISAN

Orang bilang gue orang nya lebay dan terlalu emosional. Sifat ini juga membawa gue yang sering sekali memasukkan hal-hal pribadi atau pengalaman-pengalaman hidup ke setiap karya yang gue buat, dan salah satunya adalah karya dalam bentuk tulisan. Tulisan menurut saya bukan sekedar tulisan, melainkan pemikiran yang dituangkan. Tulisan juga bukan sekedar diary atau postingan tweet, yang mana emang isinya hal-hal pribadi gua semua. Sampai ke pembuatan tulisan akademik pun gak jarang gue suka kadang-kadang menyelipkan pengalaman-pengalaman hidup gue.

Kata satu test psikologis, gue tipe orang pemikir (diantara 3 tipe lainnya, yaitu leader, pekerja, dan penyemangat). That is so true! That is why I named this blog: Brainware. Di dalem kepala gue selalu buanyak banget hal-hal yang gue pikirkan. Bukan gue suka selangkah lebih dari orang  pemikirannya, melainkan isi kepala gue banyak mikirin hal-hal ga penting seperti yang baru saja gue tanyakan ke pacar gue ketika sedang menonton bioskop: “eh dulu orang tau kalau jagung bisa jadi popcorn gimana ceritanya yah?” Dan jawaban pacar gue akan selalu menjawab: “ngapain kaya gitu dipikirin”. Satu-satunya yang gak pernah gue pikirin adalah: perasaan orang. Gue terkadang nyablak dan gak mikir sebelum ngomong. I’m so good at criticizing, and i’m not even close to perfect. Now you probably want to say this to my face: “b*tch”.

Dari kecil gue selalu terinspirasi sama film dan lirik lagu. Apalagi kalau true story. Mungkin dari sini kenapa gue suka masukin pengalaman-pengalaman hidup gue ke karya-karya gue. Hal ini membuat gue pun ingin menginspirasi orang. Dan gak tanggung-tanggung, apapun yang gue buat (yang pure hasil karya gue sendiri, pengen bisa menginspirasi orang). Tapi dalam hal menulis hal ini menjadi kendala karena saking bikin orang terinspirasi, mau mulai nulis aja gue mesti pakai persiapan, dan suka ngatur flow. Rebek kan? Karena kerebekkan ini makanya ide-ide atau pemikiran yang tadinya ada malah jadi hilang.

Jadi, dari semua penjelasan di atas, sebenernya menulis benar-benar hal yang sulit menurut saya.

TENTANG MENULIS DI INTERNET

Sebelum bikin blog ini, saya udah bikin blog di Blogspot. Isinya cuma 3, tapi draft nya banyak hahahaha. Ya karena itu tadi, menurut saya isinya belum cukup sempurna dan inspiring enough makanya ga dipublish. Gue masih gak ngerti kenapa gue pengen banget menginspirasi orang. Gue kaya orang gak penting aja gituloh dibandingkan tiba-tiba Angelina Jolie yang jadi duta PBB.

Mungkin masalah yang paling heboh dengan menulis di internet adalah teknik copas atau copy-paste yang suka dipakai ramai-ramai oleh mahasiswa-mahasiswa yang cari referensi fufufufu. Sebelum membuat post ini saya ngecek dulu nih ke blog-blog temen saya yang juga mengulas tema yang sama, dan……… itu semua mempengaruhi saya untuk menulis, well lebih ke “ngejiplak”. Itu tadi, menulis di internet, maksud saya, tulisan-tulisan di internet (milik orang lain) terkadang membuat kreatifitas terkekang karena sudah adanya contoh, sudah adanya sesuatu yang kita anggap benar. Dulu jaman saya baru masuk SBM, Abah saya or my Dad once told me this “nanti kalau disuruh nulis-nulis essay usahakan bikin sendiri dulu, jangan lihat refernsi manapun. biar original!”. Yah turn out sesusah itu menulis tanpa referensi apapun, apalagi kalau udah menyangkut tugas. I’d die without Internet! I’d suffer without Google!

Menurut saya aktivitas copy-paste itu kurang peting untuk dibahas karena mempublish suatu karya atau tulisan di internet itu resikonya sama kaya memutuskan untuk terjun ke dunia entertainment. Public owns you. Kalau gak mau di comot hasil karyanya ya dimasukin web yang harus bayar aja jurnalnya, atau sekalian ga usah di publish. Tapi itu kalau tiba-tiba mau bikin tulisannya kaya Wikileaks ya itu ah siapin mental aja deh ye.

TENTANG KELAS CREATIVITY AND INNOVATION

Dari awal disuruh bikin blog ini gue udah semangat. Gak tau ya kenapa. Orang bilang kelas Creativity and Innovation itu cuma bikin blog doang. Tapi menurut gue bikin blog itu ga “doang”. And i just don’t wanna put sh*tty stuff dimana di situ jelas-jelas tertulis: ini blog Marla Meta. Walaupun tema yang disuruh nulis kadang-kadang butuh mikir tapi yaudah, itu bikin latihan gue untuk nulis. Dulu gue pernah dengerin salah satu alumni ITB yang anak LFM juga cerita tentang bagaimana dia mendapatkan ide setiap harinya karena dia kerja di advertising. Dia bilang salah satunya adalah melatih jari jemari nya untuk ngetik setiap hari, bercerita, tentang apa saja. Itu juga yang di katakan Budi Rahardjo, guest lecture yang dihadirkan kelas CI, beliau selalu menulis di blog nya setiap hari, tentang apa saja.

See, gue ga tau kemana perginya kebiasaan lama dan darimana datangnya kebiasaan baru. Waktu kecil gue sering beli notes-notes dan isinya karangan-karangan gue semua. Temanya macem-macem, bervariasi banget. Tapi beranjak dewasa gue berhenti nulis. Dan yang paling parah gue berhenti baca. Ada manusia gak nulis dan gak baca? Ya gue terjerumus dalam puberitas dimana gue lebih sering mendengarkan musik dan menelpon pacar dan teman berjam-jam.

Jujur gue baru mulai baca lagi waktu gue masuk SBM. Gue mulai beli buku-buku in English lagi, dan mulai bikin blog di Blogspot. Otak tuh gak boleh dibiarin gak kerja nanti jadi imbisil hahaha. Kalau lagi jenuh sama sesuatu seharusnya membaca dan menulis itu bisa jadi relaksasi. Dan gue lagi belajar membiasakan itu.

Gue percaya ga ada sesuatu yang sia-sia. Dulu gue masuk IPA dan belajar Fisika, yang tiap ulangan gue hapalin cara jawabnya, bukan pakai logika, tapi pada akhirnya gue kuliah sosial tapi itu ga sia-sia. It shapes my thinking framework. Kelas Creativity and Innovation ini pun ga sia-sia. Gue paling sering nulis yah untuk kelas CI ini. Dengan segala pembelajaran yang gue dapet, perlahan membantu gue kok untuk tau gue mau ngapain nanti setelah lulus kuliah.

Doain aja suatu hari nanti gue bisa nulis cerita yang bagus dan menjadikannya script film 🙂

If you have the chance to read this post, just wanna say big thanks to Pak Agus and Kak Bayu. Terima kasih menghadirkan guest lecture yang keren-keren. Terima kasih karena gak pernah dateng telat untuk memulai kelas. Terima kasih untuk dedikasinya mengajarkan Creativity and Innovation sama kita-kita.com ini yang kadang-kadang suka gak tau diri keluar masuk kelas :p

Time : 12:21am – Now Playing :  When It’s Over by Sugar Ray – Place : my room

Leave a Reply

