#10 – WIMO Shoes

Creativity and Innovation

Bismillahirahmanirahim.

Halo! Di kesempatan kali ini saya akan membahas satu perusahaan Indonesia yang akan saya buatkan model bisnisnya agar dapat go internationaleeeeeeeee! wohooo! Baiklah. Setelah bingung memilih perusahaan apa, akhirnya saya memutuskan untuk kembali melihat kesukaan saya, yaitu berbelanja sepatu! πŸ™‚ Maka perusahaan lokal yang saya pilih adalah WIMO SHOES!

Apa itu WIMO Shoes?

WIMO Shoes adalah perusahaan sepatu dari Indonesia yang dirintis oleh Wiwih Reksono dari tahun 1966. Sebagai perempuan, beliau selalu merasa tidak cocok dengan sepatu-sepatu yang dijual di pasaran. Sepatu-sepatu tersebut kebanyakan malah membuat pegal, capek, sampai pusing-pusing. Dari pengalaman yang ia rasakan inilah akhirnya beliau membuat WIMO Shoes yang sekarang ini telah dikelola oleh anaknya, Ina Indrawati.

WIMO Shoes memasarkan produknya kepada wanita dari anak-anak hingga yang berusia senja. Yang unik dari WIMO Shoes ini adalah teknologi yang digunakan dalam pembuatan sepatu, yaitu Teknologi Ortho. Dengan teknologi ortho konsumen bisa membuat sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki, struktur tulang, dan berat badan. Teknologi ortho juga memungkinkan orang yang memiliki masalah dengan kaki, cacat, dan sebagainya memiliki sepatu yang pas dengan kakinya. Maka, tantangan bagi WIMO Shoes sendiri adalah bagaimana membuat sepatu yang nyaman dari segi kesehatan tetapi memiliki touch of fashion yang menarik juga.

Kenapa WIMO Shoes?

Alasan menagapa saya memilih WIMO Shoes selain karena saya pecinta sepatu adalah karena cerita-cerita yang ada dibalik perusahaan tersebut. Dulu ketika Ina dan ibundanya baru saja membuka perusahaan ini banyak sekali yang mencibir, tetapi mereka tetap maju terus pantang mundur! Semua itu juga berkat kecintaan Ina dan ibundanya yang begitu besar pada dunia sepatu. Dengan rasa cinta yang besar inilah akhirnya WIMO Shoes sudah bertahan selama 44 tahun!

Berikut salah satu review tentang WIMO Shoes di salah satu situ:

Innovation for WIMO Shoes

Inovasi yang coba saya buat agar WIMO Shoes dapat go international adalah dengan membuat marketing strategy yang mengedepankan niat awal pembuatan sepatu ini, yaitu memproduki sepatu untuk para perempuan yang memiliki kaki yang “tidak biasa” pada umumnya, entah terlalu kecil atau besar, atau pun cacat.

Maka, branding baru yang diberikan oleh WIMO Shoes adalah sepatu fashionable yang mementingkan aspek kesehatan.

New Business Model WIMO Shoes

Value Proposition

“beauty is not pain” – WIMO Shoes

Kita sering sekali melihat para wanita yang memaksakan memakai sepatu agar terlihat cantik tetapi sebenarnya kurang nyaman menggunakan sepatu tersebut, entah lecet atau bahan yang keras. Maka, WIMO Shoes menawrkan value yang berbeda karena sepatu WIMO mengusung kesehatan, bahwa untuk terlihat cantik tidak diperlukan menahan sakit dari sepatu yang tidak nyaman.

Target Customer

Pada umumnya, para perempuanlah yang lebih sering memiliki masalah dengan ketidaknyamanan memakai sepatu. WIMO Shoes akan tetap mentargetkan produknya kepada para wanita, namun akan menspesifikannya menjadi hanya wanita berusia 15 tahun ke atas. Pada umur 15-17 tahun inilah biasanya para wanita mulai memilih sendiri sepatu kesukaan mereka dan mulai memilih mana sepatu yang nyaman untuk kakinya. Di usia produktif antara 20-30 tahun pun para wanita yang bekerja kerap mencari sepatu berhak tinggi untuk kegiatannya, dan dijamin mereka meninginkan yang nyaman dipakai seharian.

Lifestyle target customer yang diusung WIMO Shoes sendiri adalah para wanita dinamis yang menyukai traveling. Traveling biasanya membuat kita harus berjalan jauh karena biasanya kita menggunakan kendaraan umum ketika sedang berwisata ke luar ataupun dalam negeri. Tips traveling nomor satu dari WIMO Shoes adalah kenyamanan kaki.

Core Capabilities

1. Satu-satunya perusahaan sepatu yang menggunakan Teknologi Ortho di Asia.

2. Touch of fashion yang ditawarkan WIMO Shoes tetap mengikuti trend yang ada, tapi tetap memiliki ciri khasnya sendiri.

Partner Network

Untuk memasarkan produknya ke kancah internasional, maka partner-partner yang dapat diajak bekerjasama oleh WIMO Shoe adalah sebagai berikutt:

1. Kementerian Perdagangan Indonesia – Dalam proses dan cara kerja Eksport dari Indonesia ke negara tujua.

2. Department Stores – Contohnya seperti Macy’s, Metro, Sogo, et.

3. Relasi – Jangan lupakan teman-teman yang tinggal di negara tujuan. Mereka dapat menjadi kacamata langsung untuk WIMO Shoes sebagai pemerhati pasar dan juga dapat merekomendasi tempat-tempat untuk distribusi.

4. Shipping Company – Pastinya karena WIMO Shoes belum cukup kuat dalam financial untuk membuka toko di negara tujuan, maka shipping sangatlah crucial untuk pengiriman barang jadi karena produksi tidak dilakukan di negara tujuan.

5. Airlines – WIMO Shoes bekerja sama dengan penerbangan Indonesia untuk menjadikan produknya sebagai produk yang ditawarkan “diatas pesawat”.

6. Health Institution – Untuk pembuktian secara ilmiah pentingnya kenyamanan kaki untuk para wanita, dan bahayanya ketika memaksakan diri menggunakan sepatu yang tidak nyaman.

Distribution Channel

Untuk pendistribusian produk, WIMO Shoes akan bekerja sama dengan departement stores yang ada di negara terkait. Karena mengusung sisi kesehatan maka WIMO Shoes juga akan Namun, untuk menekan market penetration cost maka pemasaran produk akan dilakukan sebatas website dahulu dan shipping akan dilakukan jika ada order. Setelah dirasa cukup dan brand sudah mulai berkembang di negara tujuan, maka produk-produk WIMO akan langsung di kirim ke departement stores. Maka, distribusi juga dilakukan dengan bekerja sama dengan para fashion blogger di negara tujuan, dan juga website-website yang biasa menjual produk-produk fashion.

Customer Relationship

Mengusung sisi traveling dari seorang wanita, diharapkan para pelanggan setia WIMO Shoes mau memberikan terstimonial mereka di web WIMO untuk menceritakan pengalaman mereka melakukan traveling dengan WIMO Shoes. Di web ini juga para wanita ini dapat berbagi tempat-tempat dan tips-tips traveling.

Kepada para pelanggan setia WIMO Shoes, akan di berikan Loyalty Member Card, yang memberikan privilege seperti (1) Diskon 20% untuk tiap pembelian setelah melakukan pembelian lebih dari 5 kali, (2) Mendapatkan kesempatan memenangkan perawatan kesehatan kaki dari mulai refleksi sampai pedicure, dan masih banyak lagi.

Pada web juga akan tersedia forum-forum untuk membahas masalah kaki dari mulai bentuk kaki, ukuran , sampai kaki yang tidak normal/cacat. WIMO Shoes juga menawarkan produk customize untuk wanita yang memiliki kaki cacat.

Cost Structure

Agar dapat go international, maka biaya-biaya yang harus disiapkan oleh WIMO Shoes adalah sebagai berikut:

1. Production Cost

2. Labor Cost

3. Shipping Cost

4. Export Cost, including tax di negara yang di tuju

5. Market Penetration Cost

Diprediksi yang akan memakan banyak biaya adalah no. 4 dan 5 karena adanya perbedaan currency dan juga perpajakan, serta administrasinya. Makret penetration cost juga akan memakan biaya yang banyak karena memperkenalkan brand dari Indonesia ke negara yang dituju.

Revenue Streams

Pendapatan akan di dapat dari penjualan di dalam maupun di luar negeri. Di masa depan, WIMO Shoes akan mencoba untuk meng-endorse orang-orang terkenal di dalam maupun luar negeri di bidang kesehatan, traveling, entertainment, dan juga pendidikan. Karena WIMO Shoes sendiri mengusung awareness para wanita tentang pentingnya kesehatan dan kenyamanan kaki ketika mengenakan sepatu.

Conclusions

Dan itulah inovasi yang saya tawarkan kepada WIMO Shoes untuk menggeletu pasar internasional. Maka, inti persiapan yang harus dilakukan WIMO Shoes adalah melihat culture dan kesusahan yang dihadapi para wanita di negara-negara tujuan dalam pemilihan sepatu. Jika telah mengetahui ini maka sepatu dapat di sesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Ke depannya, WIMO Shoes mungkin dapat membuat line sendiri untuk para wanita yang mengalami cacat di kaki, dan mengusung ide untuk tetap cantik walaupun dalam keadaan tidak normal. Untuk memperluas segment, para pria pun dapat masuk kedalam target customer WIMO di masa mendatang.

Yang paling penting adalah tetap melakukan riset pasar dan juga pengembangan teknologi agar tidak overlap oleh kompetitor yang diprediksi akan hadir ketika WIMO mengalami kesuksesan di tahun-tahun kedepan.

Above all, WIMO Shoes akan tetap berpegang teguh kepada niat awal ketika membangun perusahaan ini, yaitu kenyamanan dalam memakai alas kaki. Semua pengembangan dan inovasi-inovasi akan kembali lagi kepada niat awal jika WIMO telah memiliki visi yang kuat.

Sekian inovasi yang bisa saya tawarkan. By the way, saya sendiri adalah penggemar berat WIMO Shoes πŸ™‚ Sepatu produk Indonesia kegemaran saya adalah WIMO Shoes karena jujur saya termasuk wanita-wanita yang memiliki bentuk kaki yang tidak normal.

Toodles!

Referensi: http://www.ciputraentrepreneurship.com/entrepreneur/nasional/wanita/3293-ina-sosok-di-balik-kesuksesan-wimo-shoes.html

Advertisements

One thought on “#10 – WIMO Shoes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s