#8 – Bisnis Model

Creativity and Innovation

Howdy!

Saya bersama tiga orang teman saya telah membuat suatu bisnis model yang ciamik! Bertiga kami akhirnya membuat SPORTS AND HEALTHY TV CHANNEL! atau kalau disingkat: S&H TV! Rada geuleuh mungkin yah namanya? Yah gimana saya juga buatnya sama temen saya Duan dan Wisnu. Yaudah jadi gareuleuh hahahahaha.

Ok. Berikut adalah business model yang kami buat:

Value Proposition

Di statsiun televisi ini kami bertiga menawarkan semua yang berbau olahraga, sampai bau keringat atlit-atlitnya (tuh kan geuleuh lagi hahaha). Sorry sorry. Ok, jadi kita akan menampilakan semua kegiatan olahraga dan kesehatan di channel ini. Semua ini terinspirasi karena kita melihat stasiun tv di Indonesia belum ada yang mengkhususkan siarannya seputaran olahraga saja. Maka, kami maju terus pantang mundur mengusung ide ini.

Rencananya kita mau saingan sama ESPN dan Star Sport. Pokoknya kita yakin banget! Acara-acara yang disiarkan adalah pertandingan-pertandingan olahraga baik lokal maupun international. Tapi jangan salah! Jangan salah! Olahgara yang kami tayangkan bukanlah hanya semata-mata olahraga besar saja seperti tennis, sepak bola dan renang. Tapi kami juga akan menyiarkan pertandingan-pertandingan gundu, benteng-bentengan antar SD Coblong 10 melawan SD Pagi Matahari Bersinar. Ini semua kami lakukan dengan tujuan menumbuhkan kembali rasa cinta tanah air kita kepada bangsa Indonesia.

Target Customer

Karena kami percaya bahwa semua orang harus sehat, maka channel ini diperuntukan untuk semua umur. Misalnya pagi-pagi akan ada siaran untuk anak-anak olahraga sebelum berangkat sekolah. Rencananya tiap minggu ganti-ganti instruktur nya, bisa Tweenies, Unyil, Doraemon, sampai Card Captor Sakura. Biar anak-anak tuh fresh gitu.

Setelah jam anak–anak pergi sekolah, inilah waktunya ibu-ibu untuk menjaga kesehatan mereka dengan menonton siaran yoga, pilates, atau aerobik kami. Instruktur untuk ibu-ibu juga akan berganti setiap minggunya. Kadang-kadang vicky burki, elma theana, tapi kalau hari Senin (hari paling rujit sedunia untuk ibu-ibu) kita hadirkan coki sitohing memimpin aerobik in English! Mantap!

Customer Relationship

Hubungan antara S&H TV dengan penonton sangat dekat. Sedekath hati bu dengan penyedap rasa dan kecap Bango. Maka, setiap 2 bulan sekali akan ada pemilihan instruktur-instruktut yang akan dipilih langsung oleh para target customer kami. Ini semua gara para penonton merasa kita ngertiin mereka banget dan mereka setia sama channel ini. 24 jam selalu olahraga! pokoknya work out work out!

Untuk menunjang gaya hidup sehat ini diperlukan juga makanan yang sehat. Maka channel ini juga akan menayangkan tips dan cara memasak makanan-makanan sehat untuk sekeluarga. Di suatu segmen juga akan dihadirkan cara-cara menghidangkan makanan untuk para penderita diabetes, jantung, dll. Pokonya sehat sehat! Dan setiap 3 bulan sekali, ibu-ibu bisa minta didatengin rumahnya untuk diajarin masak sama chef-chef terkenal.

Distribution Channels

Karena kita menganut “keep your friend close, keep your enemy closer” maka kita akan ngiklan di ESPN dan Star Sport fufufufu. Kita juga bakal hadir di majalah-majalah kesehatan pria dan wanita seperti Femina, Esquire, dll.

Revenue Streams

Channel tv sudah pasti dong dapet profit dari iklan. Tapi iklan kami bukan iklan biasa! Iklan yang akan kami tampilkan merupakan running advertising berupa tulisan-tulisan kecil dibawah layar. Dan ketika sedang ada pertandingan, tidak akan ada jeda iklan sehingga penonton tidak akan terganggu dengan pertandingan yang terpotong-potong.

Selain itu iklan yang kami lakukan pun akan sangat menarik. Ketika pertandingan sedang kurang seru, maka kamera akan menyorot orang-orang suruhan kami yang akan melakukan atraksi-atraksi menakjubakan abad ini untuk memasarkan produk dari sponsor. Kurang lebih seperti flash mob, tapi rada berbeda sedikit karena tidak selamanya mereka joged ditengah-tengah banyak orang. Bisa jadi hanya sekedar lewat depan kamera sambil teriak “joss banget nih” sambil numpahin air warna kuning sedikit. Seru yah?

Segitu dulu deh perasan kreativitas saya, Wisnu, dan Duan.

Semoga menghibur!

Yuk mari :DDD

Advertisements

4 thoughts on “#8 – Bisnis Model

  1. great idea mets 😀 iklan nya itu loh “ketika pertandingan sedang kurang seru, maka kamera akan menyorot orang-orang suruhan kami yang akan melakukan atraksi-atraksi menakjubakan abad ini untuk memasarkan produk dari sponsor” haha.. bagus bagus.. ditunggu realisasi beneran.. sungguhan.. spekta deh mets..

  2. Mwetaaaaah bagus banget idenyaaa. Hahaha ati2 aja anak2 begadang jadiny krn ketagihan :)) buat bapak2 jg kejarannya met pulang kerja. Bapak2 ama anak muda jg kan banyak bgt yg kerjaannya nntn kyk gtuan wlpn biasanya pertandingan gede kyk bola. Great job! Ntr jg adain dong acara interaktif kyk dtg ke mana wawancara langsung. Ada pertandingan olahraga sma ato apa pun itu, ato malah lo yg buat acara2 gtu. Hehehe kan lumayan. Yah itu cm skdar saran, gw yakin lo ama tmn2 lo bisa develop yg jauh lbh baik 😀 yg pnting target customer nya aja. Klo g ngikutin trend, ya saatny lo yg bwt trend buat narik massa 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s